Niat Suci Susi (editted)

November 26, 2014



Ada hal yang membuat saya cukup heran sekaligus cengang juga bangga di pagi ini. Seperti dikutip Tribunnews.com (02/11)19.04 WIB: Susi Pudjiastuti Ingin berhenti merokok. Cukup mencengangkan memang, terbangun di pagi hari dengan berita yang cukup aneh, Aneh(1) karena sosok Menteri yang akhir-akhir ini tengah santer menjadi sorotan media. Bukan soal dia yang tersandung kasus dengan KPK (semoga saja tidak akan). Namun karena kebiasaan 'aneh'nya merokok, sebagai sosok pembantu orang nomor satu di tanah air. Diakatakan(2) aneh karena mungkin hanya dialah satu-satunya Menteri perempuan yang 'berani' merokok, bertato, bahkan ia berhasil menjadi menteri dengan background tak tamat SMA.

Seperti di kutip(3) beberapa media tanah air, Susi adalah pemilik selaligus(4) bos besar PT. ASI Pudjiastuti Aviation. Susi mulai dikenal(5) ketika Tsunami besar yang mengguncang aceh waktu lalu, dikabarkan bahwa maskapai Susi Air adalah maskapai pertama yang berhasil mendarat dan mendistribusikan bantuan logistik pada waktu tersebut. Semenjak dari situlah nama Susi melesat ke seluruh penjuru negeri, seperti halnya maskapai yang dimilikinya. (Are you sure?)

Banyak yang tidak tahu, tentang Susi kecil. Susi kecil hidup dalam lingkungan yang keras nelayan dan penjual ikan. Kehidupan itu yang membuatnya semakin terpacu untuk menjadi pribadi pekerja keras. Ia memutuskan untuk keluar sekolah saat menginjak kelas 2 SMA. Menurut pengakuan teman Susi(6), susi memilih drop out karena sakit-sakitan. Disamping itu juga karena tidak sesuainya sistem pendidikan dengan apa yang dikehendakinya. Akhirnya dengan keputusan yang 'aneh' itu ia lebih memilih drop out dan berkarir di luar akademisi(7) Memilih berkarir di luar, membuat Susi sepenuhnya merasa merdeka; merdeka dari segala peraturan-peraturan yang membuatnya terbatasi kemandiriannya. Singkat cerita Susi sukses mengembangkan bisnisnya sebagai Presdir SUSI air.

Rakyat Menunggu
Tak pernah ada yang menyangka(8) sosok energic(9) Susi Pudjiastuti membuat Jokowi kepincut, dan menjadikannya sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan. Keputusan yang dianggap sebagian orang sebagai hal yang kontroversial . Mengingat Susi hanya lulusan SMP. Namun, dibalik latar belakang yang 'aneh', justru membuat Susi menjadi sosok yang terus ditunggu geraknya.

Bukan hanya gerak dalam mengatur kelautan dan perikanan. Namun, gerakan untuk berubah sebagai sosok menteri yang 'pantas' untuk rakyat Indonesia. Memang kebebasan adalah hak setiap orang di dunia ini tanpa terkecuali. Namun, harus di ingat(10) juga bebas tak sepenuhnya bebas, di balik kebebasan masih ada peraturan yang berhak untuk mencover kebebasan itu sendiri. Susi harus ingat, sekarang dia bukan hanya dalam lingkungan bisnisnya semata(11) Jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan saat ini melekat padanya. Banyak rakyat yang saat ini mulai memfokuskan untuk melihat geraknya di lingkungan kementerian. Kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok harus segera ia tanggalkan (setidaknya ketika masih menjabat sebagai menteri) syukur kalau selamanya. (kenapa? Apakah merokok adalah kebiasaan buruk?)

Sedikit mengutip dari Rob Gilbert, "Taklukan kebiasaan burukmu atau mereka yang akan menaklukanmu". Rob Gilbert menjelaskan, sepatutnya kita sebagai manusia, jangan sampai kalah dengan nafsu dan kebiasaan - kebiasaan yang menimpa kita. Apalagi sebagai seorang menteri yang beberapa pekan lalu dilantik rasa-rasanya 'haram' hukumnya memelihara sikap buruk tersebut, Bu menteri harus menyadari, Ratusan juta masyarakat Indonesia tengah menyaksikan apapun yang tengah diperbuatnya.

Optimis
Memang, untuk melakukan hal tersebut cukup berat. Namun bukan berarti tak mungkin, bukan?. Untuk mengambil keputusan drop out dari sekolah saja bisa, kenapa untuk berhenti melakukan kebiasaan buruk tidak?. Namun kita juga tak bisa serta merta menyuruh Bu Menteri untuk segera berubah. Sebab segala sesuatu ada proses dan prosedurnya. Tidak ada hal yang instant di dunia ini. Bahkan untuk memasak mie instant saja kita masih memerlukan langkah-langkah. Juga, agaknya Susi juga harus mengetahui posisi. Kapan menjadi sosok Susi Presdir PT. ASI Pudjiastuti Marine Product ataukah sebagai Susi yang tengah menjabat Sebagai sosok menteri. Dengan hal ini bukan tidak mungkin Susi bisa cepat berhenti melakukan kebiasaanya itu.

Saya sangat mengapresisasi dengan gerakan yang tak 'aneh'(12) dari bu menteri, setidaknya meskipun belum sepenuhnya berhenti melakukan kebiasaan buruknya yaitu merokok. Beliau sudah mempunyai niatan untuk berhenti melakukannya. Meskipun cukup berat bagi seorang yang notabennya perokok berat. Sebab langkah awal untuk melakukan seauatu adalah niat tulus dari dalam hati. Semoga, niat tersebut segera terrealisasi beserta program-program yang beliau jalankan. Toh, nanti juga rakyat yang akan menilai ketulusan niat sang menteri, dengan beberapa bukti dari janji-janji. Biarkan waktu yang menjawab niat tulus sang menteri dibalik layar birokrasi. Saya hanya bisa berdoa dari jauh dan mengamini setiap langkah dari sang menteri, bentukan dari Jokowi.


1.      Dengan berita yang cukup aneh, Aneh memang. Kata aneh tak perlu disebut dua kali. Akan lebih baik kalau “ Dengan berita yang cukup aneh karena...”
2.      Typo, dikatakan.
3.      Dikutip bukan di kutip (baca lagi EYD)
4.      Typo, sekaligus.
5.      Susi belum dikenal saat ia membantu korban aceh, hanya segelinitir orang, yakni masyarakat Aceh sendiri, karena kegiatan ini tidak diliput oleh media. Apakah dulu ada berita mengenai Susi pada tahun 2006? Tidak kan? Jadi otomatis dia tidak dikenal melalui kejadian itu.
6.      Pengakuan teman susi? Siapa itu? Sebutkan ia teman susi darimana.

7.      Menurut KBBI akademisi: Orang yang berpendidikan tinggi; anggota akademi. Sedangkan akademik berarti akademis. Jadi, menurut kamu apakah kata akademisi lebih cocok digunakan? J

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts

Disclaimer

Laman blog yang tengah Anda kunjungi ini memuat berbagai pemikiran, pandangan, pengalaman, bahkan perasaan pribadi dari penulis. Segala tindakan tersebut jika dirasa bermasalah disarankan agar dapat diselesaikan secara musyawarah kepada yang bersangkutan.

Flickr Images